Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah evaluasi dampak pelatihan Baitul Arqam dalam pembinaan kompetensi sosial guru SMA Muhammadiyah di kota Palembang. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak pelatihan Baitul Arqam terhadap kompetensi sosial guru. Penelitian ini termasuk jenis penelitian evaluasi Metode penelitian menggunakan metode mixed methods (penelitian gabungan) yaitu metode kuantitatif dan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan interview sebagai alat pengumpul data utama, observasi dan dokumentasi. Data diambil dari 2 sekolah yaitu SMA Muhammadiyah 1 dan SMA Muhammadiyah 6 Palembang.Hasil penelitian ini dapat merumuskan bahwa evaluasi pada tahap dampak pelatihan Baitul Arqam terhadap kompetensi sosial guru menunjukkan hasil yang baik sekali dengan nilai rata-rata 4,51. Artinya pelatihan memberikan dampak positif kepada peserta diklat dalam peningkatan kompetensi sosial guru.
Copyrights © 2023