Metode pembelajaran yang kurang menarik dan interaktif serta tidak sesuai dengan perkembangan teknologi dapat mengakibatkan rendahnya minat dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran agama Islam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan metode pembelajaran yang lebih inovatif, efektif, dan sesuai dengan landasan metode pembelajaran yang akan memenuhi kebutuhan siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian kepustakaan, pengumpulan data dilakukan melalui analisis kritis terhadap literatur yang relevan, meliputi jurnal, buku, dan artikel ilmiah yang terkait dengan metode pembelajaran dalam pendidikan agama Islam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran yang lebih interaktif, berbasis teknologi, dan sesuai dengan konteks perkembangan siswa dapat meningkatkan pemahaman dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran agama Islam, proses pendidikan agama Islam tetap memerlukan metode yang tepat dan benar agar dapat berhasil, meskipun metode pembelajaran bukan satu-satunya faktor penentu keberhasilan pembelajaran. Penelitian ini memberikan wawasan yang berharga bagi para pendidik dan pembuat kebijakan dalam upaya mereka untuk meningkatkan kualitas pendidikan agama Islam sehingga lebih relevan dan menarik bagi generasi muda.
Copyrights © 2024