Raudhah Proud To Be Professionals: Jurnal Tarbiyah Islamiyah
مجلد 9 عدد 3 (2024): Raudhah Proud To Be Professionals: Jurnal Tarbiyah Islamiyah - Desember 2024

PENGEMBANGAN METODE PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA ERA 5.0

Viva Fadma Onilivia (Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga)
Tasman Hamami (Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
06 Jan 2025

Abstract

Metode pembelajaran yang kurang menarik dan interaktif serta tidak sesuai dengan perkembangan teknologi dapat mengakibatkan rendahnya minat dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran agama Islam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan metode pembelajaran yang lebih inovatif, efektif, dan sesuai dengan landasan metode pembelajaran yang akan memenuhi kebutuhan siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian kepustakaan, pengumpulan data dilakukan melalui analisis kritis terhadap literatur yang relevan, meliputi jurnal, buku, dan artikel ilmiah yang terkait dengan metode pembelajaran dalam pendidikan agama Islam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran yang lebih interaktif, berbasis teknologi, dan sesuai dengan konteks perkembangan siswa dapat meningkatkan pemahaman dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran agama Islam, proses pendidikan agama Islam tetap memerlukan metode yang tepat dan benar agar dapat berhasil, meskipun metode pembelajaran bukan satu-satunya faktor penentu keberhasilan pembelajaran. Penelitian ini memberikan wawasan yang berharga bagi para pendidik dan pembuat kebijakan dalam upaya mereka untuk meningkatkan kualitas pendidikan agama Islam sehingga lebih relevan dan menarik bagi generasi muda.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

raudhah

Publisher

Subject

Religion Education

Description

Naskah yang diterima mencakup tema yang sesuai dengan fokus dan scope Jurnal Raudhah : Proud To be Profesional, dalam bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris Semua naskah akan melalui proses review sebelum terbit. Focus and Scope: 1.⁠ ⁠Islamic education learning  2. Islamic education teaching  3. ...