Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
Al-Madrasah Vol. 8, No. 4 (Oktober 2024)

Manajemen Penilaian Kinerja Guru Oleh Kepala Sekolah dalam Peningkatan Mutu Pembelajaran di SD Negeri Kecamatan Kaubun Kabupaten Kutai Timur

Fitriyana, Fitriyana (Unknown)
Dwiyono, Yudo (Unknown)
Haryaka, Usfandi (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Oct 2024

Abstract

Penilaian kinerja guru dilaksanakan untuk mewujudkan guru yang profesional, karena harkat dan martabat suatu profesi ditentukan oleh kualitas layanan profesi yang bermutu. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan (actualiting), pengawasan (controlling) dan evaluasi manajemen penilaian kinerja guru oleh kepala sekolah dalam peningkatkan mutu pembelajaran di SD Negeri Kecamatan Kaubun Kabupaten Kutai Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan (1) Perencanaan penilaian kinerja guru yaitu, persiapan membentuk Tim penilaian kinerja guru, sosialisasi penilaian kinerja guru melalui rapat dewan guru, pembagian SK Tim, menyiapkan pedoman pelaksanaan penilaian kinerja guru, menyiapkan instrumen penilaian kinerja guru, menyiapkan instrumen kinerja guru, pengumpulan data dan fakta, penilaian, dan laporan penilaian kinerja guru; (2) Pelaksanaan penilaian kinerja guru dilaksanakan melalui pengamatan dan pemantauan (actualiting). Pengamatan adalah kegiatan untuk menilai kinerja guru sebelum, selama, dan setelah pelaksanaan proses pembelajaran. Pemantauan adalah kegiatan untuk menilai kinerja guru melalui pemeriksaan dokumen atau administrasi pembelajaran, observasi pelaksanaan pembelajaran wawancara peserta didik dan orang tua; (3) pengawasan (controlling) oleh kepala sekolah yaitu melakukan pengawasan terhadap kedisplinan waktu, Mengawasi guru yang sering absen sekolah; mengecek perangkat pembelajaran, melihat cara guru membangun komunikasi dalam lingkungan sekolah, baik itu sesama guru maupun dengan siswa, penggunaan sarana dan prasarana sekolah; (4) Evaluasi proses dalam penelitian ini meliputi observasi dan dokumentasi terhadap kemampuan guru dalam merancang pembelajaran, dan melaksanakan pembelajaran. Kesimpulan: penilaian kinerja guru sebagai upaya dalam peningkatan kinerja guru dan mutu pembelajaran di kelas.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

al-madrasah

Publisher

Subject

Education

Description

Al-Madrasah merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Sekolah Tinggi Ilmu Al Quran Amuntai Kalimantan Selatan yang terbit berkala setiap 6 (enam) bulan sekali dengan scope dan issue yang diangkat terkait dengan pendidikan di tingkat madrasah ibtidaiyah ...