Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
Al-Madrasah Vol. 8, No. 4 (Oktober 2024)

Implementasi Pendekatan Sosiologi Terhadap Pembentukan Tingkah Laku Siswa Sekolah Dasar

Tamarin, Vina (Unknown)
Fadilah, Wafa Alfi (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2024

Abstract

Pendidikan tidak hanya memberikan pengetahuan tetapi juga membangun karakter dan perilaku yang positif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pendekatan sosiologi terhadap pembentukan tingkah laku siswa sekolah dasar. Ruang lingkup penelitian ini berfokus pada siswa dan guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif berupa informasi hasil wawancara. Teknik pengumpulan data yang dilakukan ialah wawancara. Adapun teknik pengumpulan data pada wawancara yaitu dengan cara mendeskripsikan hasil wawancara dalam bentuk uraian. Peneliti menggunakan teknik analisis data teori Milles and Huberman yaitu kondensasi data, penyajian data, dan simpulan data. Lokasi penelitian ini dilakukan pada sekolah dasar negeri di Kabupaten Bandung, dengan melibatkan satu orang guru sebagai narasumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan sosiologi dapat berguna sebagai alat dalam mengidentifikasi permasalahan mengenai tingkah laku siswa di sekolah. Hal tersebut berguna bagi guru agar dapat mencari solusi dari permasalahan tingkah laku siswa di sekolah. Dengan pendekatan sosiologi seorang guru dapat melakukan penelusuran dalam mengenali tingkah laku siswa secara rinci.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

al-madrasah

Publisher

Subject

Education

Description

Al-Madrasah merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Sekolah Tinggi Ilmu Al Quran Amuntai Kalimantan Selatan yang terbit berkala setiap 6 (enam) bulan sekali dengan scope dan issue yang diangkat terkait dengan pendidikan di tingkat madrasah ibtidaiyah ...