Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
Al-Madrasah Vol. 8, No. 4 (Oktober 2024)

Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Pemanfaatan Lingkungan Sekitar Sekolah Sebagai Sumber Belajar pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV Materi Bentang Alam

Siregar, Nurmelina (Unknown)
Isrok’ atun, I. (Unknown)
Ismail, Ali (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Oct 2024

Abstract

Lingkungan sekitar sekolah dapat dijadikan sebagai sumber belajar dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana pemanfaatan lingkungan sekitar sekolah sebagai sumber belajar dalam proses pembelajaran terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPAS dan menjelaskan bagaimana pemanfaatan lingkungan sekitar sekolah dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPAS. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan quasi eksperimen dan menggunakan desain non equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD/MI yang terdapat di Kabupaten Sumedang. Dan Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD N Sukaraja II yang berjumlah 89 orang. Dimana kelas IV A yang berjumlah 30 0rang siswa dijadikan sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas IV C yang berjumlah 30 orang dijadikan sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, uji N-Gain dan uji paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan lingkungan sekitar sekolah sebagai sumber belajar dalam proses pembelajaran memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPAS. Hal tersebut dapat diketahui dengan melihat nilai rata-rata kelas eskperimen pada saat posttest yang semula 60,10 mengalami kenaikan menjadi 84,87 atau apabila dihitung dengan persentase naik sebesar 59%.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

al-madrasah

Publisher

Subject

Education

Description

Al-Madrasah merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Sekolah Tinggi Ilmu Al Quran Amuntai Kalimantan Selatan yang terbit berkala setiap 6 (enam) bulan sekali dengan scope dan issue yang diangkat terkait dengan pendidikan di tingkat madrasah ibtidaiyah ...