Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
Al-Madrasah Vol. 8, No. 4 (Oktober 2024)

Pengembangan Flipbook Berbantuan Canva Materi Bagian Tumbuhan Untuk Meningkatkan Literasi Digital Siswa Kelas IV SDN Sumberasri 02

Bastian, Riska Dwi (Unknown)
Alfi, Cindya (Unknown)
Fatih, Mohamad (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk Menganalisis efektivitas penggunaan flipbook dalam meningkatkan pemahaman materi tentang bagian-bagian tumbuhan pada siswa kelas IV. Proses pengembangan dan validitas media Flipbook berbantuan Canva akan dikaji dalam penelitian ini, serta apakah pengembangan media Flipbook berbantuan Canva mampu meningkatkan literasi digital siswa. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang dikombinasikan dengan pendekatan Research and Development (RnD) dengan menggunakan model penelitian ADDIE, yang terdiri dari Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Sebanyak 24 siswa kelas IV di SDN Sumberasri 02 di Kecamatan Nglegok menjadi subjek penelitian ini. Prosedur pengumpulan data yang dilakukan meliputi dokumentasi, survei, dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian, ahli bahasa mendapatkan 82,5% dengan kategori "Sangat Valid", ahli materi mendapatkan 94%, dan penilaian ahli media terhadap kevalidan media mendapatkan 92,5% dengan kategori yang sama. Skor peningkatan literasi digital siswa melalui media Flipbook adalah 0,68 dengan kategori “sedang” dan 95% dari respon guru dengan kategori “Tinggi”. Hasil tersebut menunjukkan bahwa media Flipbook berbantaun Canva mampu meningkatkan literasi digital siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

al-madrasah

Publisher

Subject

Education

Description

Al-Madrasah merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Sekolah Tinggi Ilmu Al Quran Amuntai Kalimantan Selatan yang terbit berkala setiap 6 (enam) bulan sekali dengan scope dan issue yang diangkat terkait dengan pendidikan di tingkat madrasah ibtidaiyah ...