Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
Al-Madrasah Vol. 8, No. 4 (Oktober 2024)

Peningkatan Penguasaan Konsep Siswa Kelas V pada Pembelajaran IPA Melalui Penggunaan Media Komik Digital Makanan Sehat

Holillah, Aulia (Unknown)
I. Isrok’atun, I. Isrok’atun (Unknown)
Ismail, Ali (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya penguasaan konsep siswa di Indonesia khususnya pada pembelajaran IPA, yang dapat disebabkan oleh kurangnya strategi pengajaran yang inovatif dan efektif dari guru. Penggunaan media pembelajaran inovatif, seperti komik digital, dapat menjadi salah satu strategi pembelajaran yang efektif. Di era digital, semakin banyak media pembelajaran berbasis digital, salah satunya adalah media Komik Digital Makanan Sehat, yang membahas Sistem Pencernaan Manusia dan Makanan Sehat. Komik Digital Makanan Sehat menyajikan cerita, podcast, dan evaluasi melalui online games dan quizizz untuk memaksimalkan pemahaman siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Komik Digital Makanan Sehat terhadap penguasaan konsep siswa dan respons siswa terhadap media ini. Metode penelitian ini adalah metode kuantitatif menggunakan pendekatan pre-eksperimen dengan desain one group pretest-posttest. Instrumen penelitian berupa tes guna mengukur penguasaan konsep siswa dan kuesioner yang mengukur respons siswa terhadap media ini. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas V yang ada di seluruh sekolah dasar di, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Sampel penelitian adalah 30 siswa kelas V SDN 2 Paniis Kabupaten Kuningan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Komik Digital Makanan Sehat memiliki pengaruh positif pada penguasaan konsep siswa, dengan peningkatan nilai posttest sebesar 51,43% (kriteria sedang). Siswa juga memberikan respons positif terhadap media ini. Penelitian ini merekomendasikan agar guru menggunakan media pembelajaran digital seperti Komik Digital Makanan Sehat untuk meningkatkan penguasaan konsep siswa secara lebih efektif dan menyenangkan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

al-madrasah

Publisher

Subject

Education

Description

Al-Madrasah merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Sekolah Tinggi Ilmu Al Quran Amuntai Kalimantan Selatan yang terbit berkala setiap 6 (enam) bulan sekali dengan scope dan issue yang diangkat terkait dengan pendidikan di tingkat madrasah ibtidaiyah ...