Pengetahuan pencemaran dan kerusakan lingkungan tentunya harus diajarkan sejak dini untuk menciptakan sumber daya manusia yang peduli dan dapat menjaga lingkungan mereka. Kurangnya pemahaman terkait pencemaran dan kerusakan lingkungan harus dihindari agar lingkungan tetap bisa memberikan timbal balik yang tetap menguntungkan bagi kehidupan, namun masih dapat ditemui anak-anak yang enggan menjaga lingkungannya. Oleh karenanya kajian ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran lingkungan melalui sosialisasi yang dilakukan pada peserta didik SDN 3 Sumbersari. Metode yang digunakan dalam menjalankan pelayanan ini adalah Participatory Action Research (PAR), dan pengumpulan data menggunakan metode kualitatif yang didapat melalui observasi dan analisis angke. Hasil dari kajian ini menerangkan bahwa sosialisasi ini telah dapat meningkatkan kesadaran dan pemahaman terkait pencegahan pencemaran dan kerusakan lingkungan. Kesimpulan yang diambil adalah adanya peran pendidikan mengenai lingkungan di sekolah dapat meningkatkan kesadaran dalam menjaga lingkungan.
Copyrights © 2024