Kreativitas Pada Pengabdian Masyarakat (Krepa)
Vol. 4 No. 5 (2025): Kreativitas Pada Pengabdian Masyarakat (Krepa)

PSIKOEDUKASI PERIKLANAN BERBASIS PENDEKATAN PSIKOLOGI DALAM MENINGKATKAN DAYA TARIK PRODUK LOKAL DI DESA BANTAR GEBANG KELURAHAN CIKETING UDIK

Onik Wahyu Utami (Unknown)
Khatrina Bine Matongan (Unknown)
Ecep Supriatna (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Jan 2025

Abstract

Psikoedukasi periklanan berbasis pendekatan psikologi telah diterapkan untuk meningkatkan daya tarik produk lokal di Desa Bantar Gebang, Kelurahan Ciketing Udik. Kegiatan ini dirancang untuk memberdayakan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dengan memperkenalkan teknik storytelling, visual marketing, dan pemasaran digital berbasis psikologi. Kegiatan psikoeduaksi ini menggarisbawahi pentingnya elemen emosional seperti nostalgia, kebanggaan, dan kesan eksklusif dalam strategi periklanan untuk memengaruhi keputusan pembelian konsumen. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan pengetahuan peserta tentang periklanan berbasis psikologi, kemampuan praktis dalam merancang iklan, serta antusiasme untuk mengadopsi strategi baru. Namun, hambatan seperti kendala teknologi dan perbedaan tingkat pemahaman peserta menjadi tantangan dalam pelaksanaan. Disimpulkan bahwa edukasi berkelanjutan mengenai psikologi pemasaran sangat penting untuk meningkatkan daya saing produk lokal dan mendukung pertumbuhan ekonomi daerah.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

krepa

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Energy Public Health Social Sciences Other

Description

Kreativitas Pada Pengabdian Masyarakat (Krepa) Kreativitas Pada Abdimas Jurnal Pengabdian Masyarakat terbit empat Kali setahun yaitu Januari, April, Juli, Oktober yang membahas praktik dan proses pengabdian masyarakat. Musyawarah: Jurnal Pengabdian Masyarakat menyediakan forum bagi akademisi dan ...