Prosiding Konfererensi Nasional Bahasa Arab
Vol 10, No 9 (2024): Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab X

PEMIKIRAN TOKOH-TOKOH PENDIDIKAN ISLAM TENTANG PENDIDIKAN BAHASA ARAB

Huda, Ibnu Samsul (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Nov 2024

Abstract

Islam dan Arab seperti dua sisi mata uang yang tidak bisa dipisahkan. Transmisi ilmu-ilmu Islam tidak mungkin dipisahkan dari bahasa Arab. Setiap muslim harus melafalkan bahasa Aab dalam kehidupan kesehariannya. Dari perspektif inilah tokoh-tokoh dalam pendidikan Islam memiliki perhatian besar terhadap Bahasa Arab. Tokoh-tokoh yang menaruh perhatian besar terhadap bahasa Arab terdiri dari tokoh dunia Islam Internasional maupun dalam skala nasional Indonesia.  Para pelopor awal pendidikan Islam yang memiliki perhatian terhadap pendidikan bahasa Arab misalnya, Ibnu Miskawaih, al-Qabisi, al-Mawardi, Ibnu Khaldun, Ibnu Sina, al-Ghazali, Burhanuddin al-Zarnuji, Ibnu Jama’ah, dan Ibnu Taimiyah. Sedangkan di Indonesia, Ulama yang memiliki perhatian khusus dalam perndidikan Bahasa Arab misalnya adalah Mahmud Yunus dan Imam Zarkasyi. Sebenarnya banyak ulama di Indonesia yang mengajarkan bahasa Arab, namun tidak secara khusus ditujukan untuk maharah lughawiyah (kompetensi berbahasa). Pendidikan ilmu kebahasaan, terutama nahwu sharaf semisal di Pesantren diorientasikan sebagai suplemen dalam memahami kitab turats bukan untuk menguasai empat kemahiran berbahasa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

konasbara

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Konferensi Nasional Bahasa Arab tahunan JURUSAN SASTRA ARAB FAKULTAS SASTRA UNIVERSITAS NEGERI MALANG Tema : Kreativitas dan Inovasi dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Indonesia Sub Tema : Strategi Pembelajaran Bahasa Arab MetodePembelajaran Bahasa Arab Media Pembelajaran Bahasa Arab Kurikulum ...