Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan pembelajaran kolaboratif dalam meningkatkan kompetensi menulis bahasa Inggris pada siswa SMK Bina Mandiri Multimedia. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi-eksperimen dengan melibatkan dua kelas sebagai sampel penelitian, yaitu kelas eksperimen yang menerapkan model pembelajaran kolaboratif dan kelas kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Data diperoleh melalui tes kemampuan menulis sebelum dan sesudah perlakuan pada 33 siswa, serta selama proses pembelajaran berlangsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan signifikan dalam kemampuan menulis bahasa Inggris siswa di kelas eksperimen dibandingkan dengan kelas kontrol. Siswa yang belajar melalui pendekatan kolaboratif lebih terlibat aktif dalam proses pembelajaran, mampu berbagi ide secara efektif, dan menunjukkan peningkatan dalam struktur kalimat, kosakata, dan tata bahasa. Penerapan pembelajaran kolaboratif terbukti efektif dalam membangun kemampuan komunikasi antar siswa dan meningkatkan motivasi belajar mereka. Kesimpulannya, pembelajaran kolaboratif dapat dijadikan salah satu strategi yang efektif untuk meningkatkan kompetensi menulis bahasa Inggris siswa SMK, khususnya di SMK Bina Mandiri Multimedia.
Copyrights © 2024