Salah satu pendekatan yang efektif untuk membantu siswa memahami konsep penjumlahan adalah Realistic Mathematics Education (RME) atau Pendidikan Matematika Realistik. Penelitian ini menganalisis efektivitas pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dalam pembelajaran matematika pada materi penjumlahan di kelas 1C MIN 1 Kota Mataram. RME menitikberatkan pada penggunaan konteks nyata yang akrab dengan siswa untuk mempermudah pemahaman konsep matematika. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, mengumpulkan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan RME efektif meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep penjumlahan. Siswa lebih antusias dan mampu memahami konsep matematika abstrak dengan bantuan situasi nyata yang relevan, seperti menghitung benda di sekitar mereka. Selain itu, pendekatan ini juga meningkatkan motivasi siswa dalam belajar matematika. Meskipun demikian, tantangan seperti menjaga fokus siswa tetap ada, terutama di kelas awal. Namun, secara keseluruhan, pendekatan RME terbukti relevan dan mendukung perkembangan kognitif siswa melalui pembelajaran kontekstual yang interaktif. Penelitian ini merekomendasikan penggunaan RME sebagai metode pembelajaran matematika yang efektif di tingkat dasar.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024