Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi simetri lipat dan simetri putar menggunakan media papan Sipat-Siput. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (RnD) dengan model ADDIE (Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi). Subjek penelitian adalah siswa kelas 2-4 di PKBM Wiragama Balir Indramayu. Media ini dirancang sebagai alat bantu konkret yang mempermudah pemahaman siswa melalui pendekatan visual dan permainan edukatif. Hasil validasi oleh ahli materi, media, dan bahasa menunjukkan bahwa media papan Sipat-Siput dikategorikan "sangat layak" digunakan sebagai media pembelajaran. Data hasil pretest dan posttest menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa, dengan skor rata-rata pretest sebesar 34,28% dan posttest sebesar 61,42%. Respon siswa terhadap media ini sangat positif, ditunjukkan dengan antusiasme dan keterlibatan aktif selama pembelajaran. Kesimpulannya, media papan Sipat-Siput efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika pada materi simetri lipat dan simetri putar di tingkat sekolah dasar. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Papan Sipat-Siput, Simetri Lipat, Simetri Putar, Hasil Belajar.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025