Adapun tujuan pengabdian ini, antara lain: 1) Untuk mengetahui gambaran pemahaman moderasi beragama mahasiswa IAIN Langsa, 2) Untuk mengetahui kesiapan mahasiswa IAIN Langsa sebagai Agen Moderasi Beragama, 3) Untuk mengetahui efektivitas kegiatan pelatihan moderasi beragama dengan pendekatan Problem Based Learning pada ORMAWA di IAIN Langsa. Metode yang digunakan pada pengabdian ini yakni Participatory Action Research (PAR) dengan menggunakan pendekatan Problem Based Learning bertujuan untuk pembelajaran dalam mengatasi masalah dan pemenuhan kebutuhan praktis serta produksi ilmu pengetahuan pada mahasiswa tentang moderasi beragama. Peserta pelatihan ini adalah 40 mahasiswa ORMAWA IAIN Langsa. Pelatihan ini berlangung 3 hari yakni 2 hari pelatihan dan 1 hari tugas mandiri. Pelatihan ini menggunakan pendekatan problem based learning yakni membantu mahasiswa memecahkan masalah dengan cara berpikir secara ilmiah dan sistematis. Untuk melihat ada dampak perubahan pelatihan peneliti menerapkan pretest dan posttest pada pelatihan agen moderasi beragama ini. Adapun hasil pelatihan dan penelitian ini antara lain: 1) terjadi peningkatan pemahaman mahasiswa tentang moderasi beragama yang tadinya tinggi menjadi sangat tinggi, 2) mahasiswa siap sebagai agen moderasi beragama terlihat dari mereka sangat antusias dan mau bekerjasama dalam setiap kegiatan pelatihan, 3) terdapat perbedaan yang signifikan sebelum dan sesudah diberikan pelatihan yang artinya pelatihan dengan pendekatan problem based learning efektif meningkatkan pemahaman mahasiswa tentang moderasi beragama dan mereka paham bagaimana sebuah isu muncul dan bagaimana meredam atau menyelesaikan konflik atau masalah, serta mampu memecahkan masalah dengan berpikir ilmiah dan sistematis. Diharapkan pelatihan ini menjadi kegiatan wajib bagi anggota baru ORMAWA karena mahasiswa adalah agen perubahan, penjaga nilai, penerus bangsa, kekuatan moral dan pengontrol sosial.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024