Penelitian ini mengkaji tentang upaya sekolah dalam pemenuhan hak pendidikan anak berkebutuhan khusus di SLB Negeri 2 Lombok Barat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui upaya sekolah dalam pemenuhan hak pendidikan anak berkebutuhan khusus dan faktor yang mempengaruhi upaya sekolah dalam pemenuhan hak pendidikan anak berkebutuhan khusus. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan upaya sekolah dalam pemenuhan hak pendidikan anak berkebutuhan khusus dan faktor yang mempengaruhi upaya sekolah dalam pemenuhan hak pendidikan anak berkebutuhan khusus di SLB Negeri 2 Lombok Barat. Terdapat 5 upaya yang dilakukan oleh sekolah dalam pemenuhan hak pendidikan anak berkebutuhan khusus yaitu menerapkan kurikulum merdeka, memberikan pendidikan agama kepada setiap anak berkebutuhan khusus sesuai dengan agama yang dianut, memberikan dan menyediakan program vokasional, memberikan bantuan fasilitas belajar dan beasiswa bagi peserta didik kurang mampu serta memberikan dan menyediakan layanan khusus atau program kekhususan. Berdasarkan upaya tersebut terdapat faktor yang mempengaruhi upaya sekolah dalam memenuhi hak pendidikan anak berkebutuhan khusus diantaranya faktor internal (dukungan penuh dari sekolah, kurangnya tenaga pendidik dan kurangnya sarana dan prasarana) serta faktor ekternal (adanya dukungan dari dinas pendidikan dan kebudayaan atau lembaga maupun kemitraan yang bekerja sama dan persepsi masyarakat). Berdasarkan hasil tersebut, secara keseluruhan upaya yang dilakukan oleh sekolah memberikan kesempatan kepada anak berkebutuhan khusus yang ada di SLB Negeri 2 Lombok Barat agar bisa mendapatkan hak pendidikan sama seperti anak pada umumnya.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024