Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran role playing terhadap kemampuan bercerita peserta didik kelas V SDN 05 Ampenan. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimental design dengan bentuk rancangan penelitian posttest only control design. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V SDN 05 Ampenan yang berjumlah 86 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling dengan jumlah 57 orang. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes penilaian kinerja dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Pengujian hipotesis menggunakan uji t (independent sample t-test) dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil uji t-test memperoleh nilai signifikansi sebesar 0,26 yang artinya ????0 yang diajukan ditolak dan ???????? diterima. Sehingga hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran Role Playing berpengaruh terhadap kemampuan bercerita peserta didik pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas V SDN 05 Ampenan.    
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025