Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, dan Geofisika (GeoScienceEd Journal)
Vol. 6 No. 1 (2025): Februari

Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Rendahnya Minat Calon Peserta Didik Baru Di Sma Negeri 2 Kolaka Di Tinjau Dari Aspek Geografi

Kamur, Sudarwin (Unknown)
Hermis Anjas Sari1 (Unknown)
Ahmad Iskandar (Unknown)
Sudarwin Kamur (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Jan 2025

Abstract

Ketidakstabilan penerimaan calon peserta didik baru di SMA Negeri 2 Kolaka terjadi mulai tahun 2021-2023. Menurunnya jumlah siswa di SMA Negeri 2 Kolaka disebabkan oleh faktor-faktor. Oleh sebab itu, tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi rendahnya minat pendaftar calonpeserta didik baru di SMA Negeri 2 Kolaka ditinjau dari aspek geografi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan faktor hasil data observasi menunjukkan faktor aksesibilitas dengan persentase 53.3% kategori mempengaruhi, faktor visibilitas dengan persentase 60% kategori mempengaruhi, faktor lalu lintas dengan persentase 40% kategori cukup mempengaruhi, faktor pemukiman dengan persentase 80% kategori sangat mempengaruhi dan faktor jarak dengan sekolah lain dengan persentase 56.7% kategori mempengaruhi. Sedangkan untuk hasil data kuisioner faktor aksesibilitas dengan rata-rata 64.9% kategori tinggi, faktor visibilitas dengan rata-rata 61.1% kategori tinggi, faktor lalu lintas dengan rata-rata 61.4% kategori tinggi, faktor pemukiman dengan rata-rata 63.1% kategori tinggi dan faktor jarak dengan sekolah lain dengan rata-rata 59.3% kategori tinggi. Berdasarkan hasil pengolahan data yang telah dilakukan, terdapat faktor-faktor yang menyebabkan rendahnya minat calon peseta didik baru SMP/MTS di Kabupaten Kolaka untuk melanjutkan studi ke SMA Negeri 2 Kolaka yaitu faktor aksesibilitas, visibilitas, lalu lintas, pemukiman dan jarak dengan sekolah lain. . Keywords: Minat, Peserta Didik dan Aspek Geografi

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

GeoScienceEdu

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Chemistry Education Physics

Description

Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi dan Geofisika (GeoScienceEd Journal): |e-ISSN: 2723-2913, p-ISSN: 2723-2905| diterbitkan 2 (dua) kali dalam setahun (Peride Juni dan Desember) dan dimulai pada bulan Juni 2020 oleh Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Mataram. Artikel dapat diterima ...