Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi fluida dinamis di SMA Negeri 1 Kediri. Penelitian ini meruapakan penelitian quasi eksperimen dengan desain Nonequivalen Control Group. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI di SMAN 1 Kediri tahun ajaran 2024/2025. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling ditentukan sampel dari penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA 1 dengan jumlah 28 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 2 dengan jumlah 28 peserta didik sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan berupa soal uraian. Sebelum instrumen tes diberikan terlebih dulu dilakukan uji coba instrumen yaitu uji validitas, reliabilitas, taraf kesukaran, dan daya pembeda. Hasil penelitian menunjukkan skor rata-rata kemampuan berpikir kritis peserta didik yang diajarkan dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing adalah 85,18 dan peserta didik yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional adalah 79,49 Hasil pengujian hipotesis yang menggunakan uji-t, yaitu t-test polled varians dengan taraf signifikan 5% atau 0,05 dan di peroleh nilai t_hitung sebesar 2,31 dan t_tabel 2,01. Jika lebih besar dari t_tabel , maka maka H_0 ditolak dan H_a diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran model pembelajaran inkuiri terbimbing berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik.
Copyrights © 2025