Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, dan Geofisika (GeoScienceEd Journal)
Vol. 6 No. 1 (2025): Februari

Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Materi Fluida Dinamis SMA Negeri 1 Kediri

Hulwa, Jihan (Unknown)
Wahyudi (Unknown)
Ahmad Busyairi (Unknown)
Ahmad Harjono (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Jan 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi fluida dinamis di SMA Negeri 1 Kediri. Penelitian ini meruapakan penelitian quasi eksperimen dengan desain Nonequivalen Control Group. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI di SMAN 1 Kediri tahun ajaran 2024/2025. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling ditentukan sampel dari penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA 1 dengan jumlah 28 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 2 dengan jumlah 28 peserta didik sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan berupa soal uraian. Sebelum instrumen tes diberikan terlebih dulu dilakukan uji coba instrumen yaitu uji validitas, reliabilitas, taraf kesukaran, dan daya pembeda. Hasil penelitian menunjukkan skor rata-rata kemampuan berpikir kritis peserta didik yang diajarkan dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing adalah 85,18 dan peserta didik yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional adalah 79,49 Hasil pengujian hipotesis yang menggunakan uji-t, yaitu t-test polled varians dengan taraf signifikan 5% atau 0,05 dan di peroleh nilai t_hitung sebesar 2,31 dan  t_tabel 2,01. Jika  lebih besar dari t_tabel , maka maka H_0 ditolak dan H_a diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran model pembelajaran inkuiri terbimbing berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis  peserta didik.    

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

GeoScienceEdu

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Chemistry Education Physics

Description

Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi dan Geofisika (GeoScienceEd Journal): |e-ISSN: 2723-2913, p-ISSN: 2723-2905| diterbitkan 2 (dua) kali dalam setahun (Peride Juni dan Desember) dan dimulai pada bulan Juni 2020 oleh Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Mataram. Artikel dapat diterima ...