Penelitian ini mengeksplorasi peran kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi profesional guru di SDN 2 Kekait. Penelitian metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. penelitian ini menyoroti bagaimana kepala sekolah memfasilitasi pelatihan dan bimbingan teknis (BIMTEK) untuk meningkatkan penggunaan teknologi, termasuk kecerdasan buatan (AI) dalam praktik pengajaran dan administrasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan kepala sekolah berperan signifikan dalam menciptakan lingkungan kerja yang kolaboratif, mendukung pengembangan profesional, dan meningkatkan keterampilan teknis guru. Meski menghadapi tantangan seperti keterbatasan sumber daya, kepala sekolah mampu memotivasi guru untuk berinovasi dan beradaptasi dengan kebutuhan pendidikan modern. Temuan ini mendukung pentingnya kepemimpinan yang visioner dan supervisi klinis dalam memajukan kompetensi guru serta menegaskan bahwa keberhasilan pendidikan sangat bergantung pada peran aktif kepala sekolah dan kolaborasi tim pendidikan.
Copyrights © 2025