Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, dan Geofisika (GeoScienceEd Journal)
Vol. 6 No. 1 (2025): Februari

Kepemimpinan Diplomatis dalam Pendidikan: Tinjauan Teoritis

Rezky, Fajrian Nanda Dwi (Unknown)
Citriadin, Yudin (Unknown)
Rustam, Rustam (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Dec 2024

Abstract

Ketika norma-norma negatif seseorang dipengaruhi oleh perilaku orang lain, tipe dan gaya kepemimpinan saling terkait erat. Ada berbagai jenis gaya kepemimpinan. Jadi ada kebutuhan untuk penelitian teoritis tentang gaya kepemimpinan. Penelitian ini adalah analisis literatur dari berbagai referensi utama tentang gaya kepemimpinan diplomatik. Kepemimpinan diplomatik adalah gaya kepemimpinan yang didasarkan pada negosiasi, kompromi, dan komunikasi yang efektif untuk mencapai tujuan bersama, dan menjembatani kesenjangan melalui pengaruh karakter yang kuat dan perilaku moral dan etika pemimpin. Pemimpin diplomatik menginspirasi dan memotivasi tim mereka dan memvalidasi perspektif lain, menjaga hubungan yang baik dan berkualitas, dan menegakkan prinsip-prinsip keadilan dan kesetaraan. Ciri-ciri atau karakteristik utama kepemimpinan diplomatik adalah kemampuan untuk menemukan hubungan titik temu, keterampilan komunikasi yang empatik, dan kemampuan untuk menemukan titik temu ketika menghadapi konflik. Kekuatan kepemimpinan diplomatik adalah kemampuan untuk menciptakan lingkungan kerja yang harmonis dan meningkatkan kerja tim, sedangkan kelemahannya cenderung terlalu berhati-hati dan menghindari konflik yang dapat memperlambat pengambilan keputusan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

GeoScienceEdu

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Chemistry Education Physics

Description

Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi dan Geofisika (GeoScienceEd Journal): |e-ISSN: 2723-2913, p-ISSN: 2723-2905| diterbitkan 2 (dua) kali dalam setahun (Peride Juni dan Desember) dan dimulai pada bulan Juni 2020 oleh Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Mataram. Artikel dapat diterima ...