Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pendidikan karakter aspek peduli lingkungan pada pembelajaran IPS siswa kelas IV di UPT SPF SD Inpres Manggala Kota Makassar, faktor penghambat pendidikan karakter peduli lingkungan, dan dampak ketidakpedulian lingkungan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian kepala sekolah, guru dan siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pendidikan karakter peduli lingkungan pada pembelajaran IPS kelas IV di UPT SPF SD Inpres Manggala Kota Makassar sudah diterapkan dengan baik. Pembentukan karakter peduli lingkungan di lakukan dengan adanya pembiasaan-pembiasaan sebelum kegiatan pembelajaran IPS berlangsung serta di dukung dengan kegiatan peduli lingkungan di luar pembelajaran seperti kegiatan sabtu bersih. Faktor penghambat pendidikan karakter peduli lingkungan seperti kebiasaan peserta didik yang belum sepenuhnya menerapkan sikap peduli lingkungan. Adapun dampak ketidakpedulian lingkungan membawa dampak negatif bagi lingkungan.
Copyrights © 2024