Minimnya pengetahuan guru tentang teori belajar kognitif menjadi salah satu hal yang harus diberikan perhatian dengan lebih oleh seorang guru, sehingga guru tidak bisa memberikan tindakan yang tepat untuk peserta didiknya. Implementasi media pembelajaran digital dapat membantu guru dalam melaksanakan proses pembelajaran pada siswa yang masih berada pada tahap operasional konkret menurut teori Belajar Jean Piaget. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh penggunaan media pembelajaran digital terhadap siswa sekolah dasar ditinjau dari teori Belajar kognitif tahap operasional konkret. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kepustakaan. Dari hasil studi pustaka, ditemukan pengaruh media digital terhadap hasil Belajar peserta didik. Media pembelajaran digital dapat mempengaruhi hasil Belajar peserta didik yang masih berada pada tahap operasional konkret. Pengaruh persebut muncul dikarenakan siswa yang berada pada teori Belajar kognitif tahap operasional konkret memerlukan benda-benda nyata untuk Belajar, namun tidak semua sekolah dapat mengakomodasi hal tersebut, sehingga media pembelajaran digital dapat menjadi solusinya. Media pembelajaran digital diharapkan mampu menggantikan benda-benda konkret tersebut dalam proses pembelajaran. Meskipun tidak bisa dirasakan secara langsung, setidaknya media tersebut bisa memvisualisasikan apa yang dimaksudkan oleh guru dalam proses pembelajaran, sehingga siswa yang berada pada tahap operasional konkret ini kebutuhannya terakomodasi oleh media pembelajaran digital tersebut
Copyrights © 2024