Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, dan Pengelolaan Pendidikan
Vol. 4 No. 6 (2024)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPS

Israni, Mayang Eka (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jun 2024

Abstract

Pembelajaran abad 21 menuntut peserta didik menguasai kemampuan berpikir kreatif, yaitu kemampuan memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari dengan memberikan solusi yang nyata dan bervariatif. Faktanya, kegiatan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di sekolah kurang mengembangkan kemampuan berpikir kreatif. Kemampuan berpikir kreatif dapat dilatih melalui model Problem Based Learning, karena membuat siswa terdorong untuk berpikir tingkat tinggi dalam memecahkan masalah. Riset ini bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada mata pelajaran IPS. Riset kuasi eksperimen ini menggunakan Post-test Only Control Group Design. Subjek riset merupakan siswa kelas IX SMP Laboratorium UM, Kota Malang. Instrumen tes yang digunakan berbentuk soal essay berjumlah 4 untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Analisis data menggunakan uji regresi linier sederhana mendapat nilai t hitung 6,277 > t tabel 2,035. Disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

fip

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, dan Pengelolaan Pendidikan menerbitkan naskah terkait pendidikan mencakup pembelajaran anak usia dini, sekolah dasar, bimbingan dan konseling, teknologi pendidikan, manajemen, pendidikan luar sekolah, serta pendidikan anak berkebutuhan ...