QARDHUL HASAN: MEDIA PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
Vol. 10 No. 3 (2024): DESEMBER

Implementasi Model Reach, Act, Convert, dan Engage (RACE) dalam Pengembangan Pemasaran Kopi Lokal

Munawar, Wildan (Unknown)
Alhifni, Anas (Unknown)
Yulianingsih (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Nov 2024

Abstract

Pengelolaan kopi BUJAL oleh BUMDes Jaya Laksana telah berjalan sejak tahun 2019. Produk ini telah berhasil menembus pasar lokal, terutama di Desa Wates Jaya. Namun, strategi pemasaran yang masih konvensional, seperti promosi informal dan partisipasi dalam pameran bazar, menghambat perluasan pasar. Tujuan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk meningkatkan jangkauan pemasaran kopi BUJAL, meningkatkan kapasitas produksi kopi, dan meningkatkan pemahaman serta keterampilan pengelola kopi melalui implementasi model reach, act, convert, dan engage (RACE). Metode pelaksanaan kegiatan ini menggunakan metode pendidikan masyarakat dengan pola explicit instruction dan metode simulasi (praktik langsung) melalui lima tahapan pelaksanaan yaitu sosialisasi, pelatihan, penerapan teknologi, pendampingan dan evaluasi. Hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah peningkatan jangkauan pemasaran kopi BUJAL sebanyak 6 kota/kabupaten, peningkatan dan upgrading mesin roasting dan grinding dalam proses produksi, peningkatan pemahaman dan keterampilan pengelola kopi dalam menerapkan model RACE, dan bertambahnya jumlah variasi kemasan yang ditawarkan kepada konsumen/pelanggan. Selain itu, implementasi model RACE ini sangat relevan dengan kebutuhan peningkatan usaha kopi. Terutama di tengah persaingan produk kopi yang semakin banyak dan minuman kemasan kopi kekinian.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

QH

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Qardhul Hasan: Media Pengabdian kepada Masyarakat p-ISSN 2442-3726 e-ISSN 2550-1143 diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Djuanda Bogor untuk mempublikasikan hasil pengabdian kepada masyarakat yang memuat hasil pengabdian kepada masyarakat serta ...