Pengelolaan kopi BUJAL oleh BUMDes Jaya Laksana telah berjalan sejak tahun 2019. Produk ini telah berhasil menembus pasar lokal, terutama di Desa Wates Jaya. Namun, strategi pemasaran yang masih konvensional, seperti promosi informal dan partisipasi dalam pameran bazar, menghambat perluasan pasar. Tujuan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk meningkatkan jangkauan pemasaran kopi BUJAL, meningkatkan kapasitas produksi kopi, dan meningkatkan pemahaman serta keterampilan pengelola kopi melalui implementasi model reach, act, convert, dan engage (RACE). Metode pelaksanaan kegiatan ini menggunakan metode pendidikan masyarakat dengan pola explicit instruction dan metode simulasi (praktik langsung) melalui lima tahapan pelaksanaan yaitu sosialisasi, pelatihan, penerapan teknologi, pendampingan dan evaluasi. Hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah peningkatan jangkauan pemasaran kopi BUJAL sebanyak 6 kota/kabupaten, peningkatan dan upgrading mesin roasting dan grinding dalam proses produksi, peningkatan pemahaman dan keterampilan pengelola kopi dalam menerapkan model RACE, dan bertambahnya jumlah variasi kemasan yang ditawarkan kepada konsumen/pelanggan. Selain itu, implementasi model RACE ini sangat relevan dengan kebutuhan peningkatan usaha kopi. Terutama di tengah persaingan produk kopi yang semakin banyak dan minuman kemasan kopi kekinian.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024