Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol. 13 No. 2 (2024): April

Analysis of ADHD Students' Adversity Quotient and Understanding of Mathematical Concepts

Zubaidah Amir MZ (Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau)
Nurhasnawati Nurhasnawati (Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau)
M. Fikri Hamdani (UIN Sultan Syarif Kasim Riau)
Nurul Jannah (Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2024

Abstract

Pembelajaran matematika seringkali dianggap sulit termasuk bagi siswa ADHD. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis antara daya juang (adversity Quotient) siswa ADHD pemahaman konsep matematikanya. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dengan studi kasus pada siswa ADHD. Subyek penelitian ini adalah 3 siswa dari tiga SLB di Kota Pekanbaru. Instrumen penelitian ini berupa angket, lembar observasi, dan wawancara. Teknik analisis data dengan menggunakan deskriptif dan triagulasi. Hasil Penelitian: Daya juang siswa ADHD berbeda-beda, tergantung pada tingkat ADHD dan usianya. Rata-rata tingkat Adversity Quotient (AQ) siswa ADHD dalam pembelajaran matematika berada pada kategori sedang. Pemahaman konsep matematika siswa ADHD berada pada kategori sedang. Faktor yang mempengaruhi kemampuannya adalah siswa sering melupakan materi atau konsep sebelumnya. Upaya yang dilakukan guru untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika adalah dengan memperbanyak penggunaan media pembelajaran visual, baik 3D maupun 2D, dan belajar dengan cara permainan. Oleh karena itu guru diharapkan menggunakan media visual dalam pembelajaran matematika pada siswa ADHD. This research aims to describe mathematics teachers' perceptions of geometry concepts Learning mathematics is often considered difficult, including for ADHD students. This study aims to analyze ADHD students' adversity Quotient and their understanding of mathematical concepts. This research is descriptive qualitative with a case study of ADHD students. The subjects of this research were 3 students from three special schools in Pekanbaru City. The instruments for this research are questionnaires, observation sheets and interviews. Data analysis technique using descriptive dan triangulation. Research Results: The fighting power of ADHD students varies, depending on the level of ADHD and age. The average Adversity Quotient (AQ) level of ADHD students in learning mathematics is in the medium category. ADHD students' understanding of mathematical concepts is in the medium category. A factor that influences their ability is that students often forget previous material or concepts. Efforts made by teachers to increase understanding of mathematical concepts are by increasing the use of visual learning media, both 3D and 2D, and learning through games. Therefore, teachers are expected to use visual media in teaching mathematics to ADHD students.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

mosharafa

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika (p-ISSN: 2086-4280 & e-ISSN: 2527-8827) mempublikasikan artikel ilmiah hasil penelitian dalam bidang pendidikan matematika yang belum pernah dipublikasikan. Penulis dapat berasal dari berbagai level, seperti mahasiswa (S1, S2, S3), guru, dosen, praktisi, ...