Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol. 13 No. 2 (2024): April

Conceptual Knowledge through Instruction Interactive Teaching Materials Integrated Augmented Reality

Sudirman Sudirman (Universitas Terbuka)
Irena Puji Luritawaty (Institut Pendidikan Indonesia)
Ebenezer Bonyah (Akenten Appiah-Menka University of Skills Training and Entrepreneurial Development)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2024

Abstract

Konsep luas permukaan dan volume 3D merupakan salah satu konsep penting untuk membangun pengetahuan matematis lainnya yang lebih aplikatif. Namun, siswa kesulitan dalam memahami konsep tersebut. Perlu adanya teknologi yang dapat membantu siswa, misalnya Augmented Reality (AR). Penelitian ini bertujuan mengungkap peningkatan pemahaman konsep luas permukaan dan volume prisma melalui Instruction Interactive teaching materials integrated Augmented reality (I-ITMIAR). Desain penelitian yaitu exploratory case study terhadap 32 siswa dan satu guru matematika di salah satu sekolah menengah pertama di Kabupaten Indramayu. Data penelitian diperoleh dari wawancara, observasi, dan tes. Data dianalisis secara kualtiatif menggunakan analisis konten dan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan AR memberikan peningkatan signifikan dalam pemahaman siswa terhadap konsep-konsep geometri, khususnya luas permukaan dan volume prisma. Melalui visualisasi tiga dimensi yang dihasilkan, siswa dapat melihat dan berinteraksi dengan model prisma secara real-time. Penggunaan AR dapat menjadi alat bantu efektif umeningkatkan pemahaman konsep. The concept of 3D surface area and volume is one of the important concepts for building other more applicable mathematical knowledge. However, students have difficulty in understanding the concept. There needs to be technology that can help students, such as Augmented Reality (AR). This study aims to reveal the increase in understanding of the concept of surface area and volume of prisms through Instruction Interactive teaching materials integrated Augmented reality (I-ITMIAR). The research design is an exploratory case study of 32 students and one mathematics teacher at a junior high school in Indramayu Regency. Research data were obtained from interviews, observations, and tests. Data were analyzed qualitatively using content analysis and descriptive statistics. The results showed that the use of AR provided a significant increase in students' understanding of geometric concepts, especially the surface area and volume of prisms. Through the resulting three-dimensional visualization, students can see and interact with the prism model in real-time. The use of AR can be an effective tool to improve conceptual understanding.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

mosharafa

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika (p-ISSN: 2086-4280 & e-ISSN: 2527-8827) mempublikasikan artikel ilmiah hasil penelitian dalam bidang pendidikan matematika yang belum pernah dipublikasikan. Penulis dapat berasal dari berbagai level, seperti mahasiswa (S1, S2, S3), guru, dosen, praktisi, ...