PSEJ (Pancasakti Science Education Journal)
Vol. 9 No. 2 (2024)

Keefektifan Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Materi Bioteknologi pada Kelas IX SMP

Baehaqi, Ibnu Baehaqi (Unknown)
Agustini, Ferina (Unknown)
Hayat, Muhammad Syaipul (Unknown)
Rachmawati, Febrina (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penerapan model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar materi bioteknologi kelas IX di SMP Negeri 2 Semarang. Penelitian ini dilakukan 31 Januari 2023 di SMP N 2 Semarang. Sampel penelitian ini yaitu kelas IXD yang berjumlah 32 peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain pra-eksperimen (One Group Prestest and Posttest Desain) dengan menghitung selisih antara posttest sebagai kemampuan akhir dikurangi pretest sebagai kemampuan awal. Hasil penelitian hasil belajar kognitif menunjukkan bahwa rata-rata nilai pretest sebesar 36,25 dan rata-rata nilai posttest sebesar 79,38 dengan ketuntasan belajar klasikal mencapai 81,20% dan N-gain sebesar 67% dengan kategori sedang. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa cukup efektif penerapan model pembelajaran problem based learning terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik pada materi bioteknologi kelas IXD di SMP N 2 Semarang.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

PSEJ

Publisher

Subject

Chemistry Education Physics

Description

PSEJ contains a variety of scientific articles related to research in the field of Science Education and application of science (Biology, Chemistry, Physics). The scope of science education also includes study of Physics Education, Biology Education, Chemical Education and Environmental Education. ...