Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan, keterbacaan siswa, respons siswa dan mengetahuipeningkatan minat belajar siswa setelah menggunaan e-booklet. Penelitian ini menggunakan metode R&Ddengan desain pengembangan ADDIE. Respons siswa terhadap pengembangan bahan ajar e-booklet IPAterpadu berbasis etnosains batik damar kurung Gresik memperoleh rata-rata persentase sebesar 99,05%dengan kriteria yang sangat baik. sehingga media tersebut dapat digunakan oleh siswa dan dianggapsebagai sarana pembelajaran yang sangat baik. Uji kelompok besar menunjukkan peningkatan minatbelajar siswa dengan nilai N-gain 0,966. Hasilnya menunjukkan bahwa bahan ajar e-booklet IPA terpaduyang berbasis etnosains batik damar kurung Gresik dapat meningkatkan minat siswa dalam belajar,membuat belajar lebih mudah, dan membantu siswa mempelajari materi klasifikasi makhluk hidupdengan bahasa sederhana yang mudah dipahami. Karena menggunakan format QR-code, bahan ajar jugadinilai sangat mudah dibawa dan digunakan.
Copyrights © 2024