PSEJ (Pancasakti Science Education Journal)
Vol. 9 No. 2 (2024)

Kefektivan Media Poster Berbasis Pictorial Riddle terhadap Scientific Literacy Skills Peserta Didik

Arumsari, Ratih Ayuningtyas (Unknown)
Arfiani, Yuni (Unknown)
Fatkhomi, Fahmi (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Nov 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui (1) tingkat efektivitas poster berbasis pictorial riddle sebagai mediapembelajaran IPA terhadap scientific literacy skills peserta didik dan (2) perbedaan scientific literacy skills peserta didik pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penelitian eksperimen dengan desain pretest-posttest control group merupakan jenis penelitian ini. Penelitian ini melibatkan peserta didik di kelas VIII SMP Negeri 1Dukuhturi pada tahun akademik 2022/2023. Sampel penelitiannya yaitu kelas VIII I digunakan sebagaikelas eksperimen dan Kelas VIII G digunakan sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel denganpurposive sampling. Teknik pengumpulan data yaitu tes (pretest-posttest) dan non tes. Analisis data yangdigunakan yaitu uji N-Gain dan uji independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Mediapembelajaran poster berbasis pictorial riddle cukup efektif dalam memberikan pengaruh pada peningkatanhasil scientific literacy skills peserta didik dengan perolehan persentase skor N-Gain 66,71% dan (2) Uji t-testmenunjukkan perbedaan scientific literacy skills antara peserta didik di kelas eksperimen dan kelas kontroldengan ilai sig. (2-tailed) lebih kecil dari 0,05. yaitu sebesar 0,001.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

PSEJ

Publisher

Subject

Chemistry Education Physics

Description

PSEJ contains a variety of scientific articles related to research in the field of Science Education and application of science (Biology, Chemistry, Physics). The scope of science education also includes study of Physics Education, Biology Education, Chemical Education and Environmental Education. ...