PSEJ (Pancasakti Science Education Journal)
Vol. 9 No. 2 (2024)

Korelasi Kemampuan Berpikir Kritis dengan Etika Lingkungan Hidup Peserta Didik pada Topik Pencemaran Lingkungan

Sofianti, Emiliya Dwi (Unknown)
Hayati, Muriani Nur (Unknown)
Widiyanto, Bayu (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pofil kemampuan berpikir kritis (2) profil etika lingkungan hidup, dan (3) hubungan kemampuan berpikir kritis dengan etika lingkungan hidup peserta didik SMPN 3 Talang pada pokok bahasan pencemaran lingkungan kelas VII. Jenis penelitian yaitu korelasional menggunakan pendekatan kuantitatif. Dilaksanakan di SMPN 3 Talang tahun ajaran 2022/2023 dengan sampel kelas VII dipilih melalui teknik cluster random sampling. Pengambilan data yakni dengan tes soal pilihan ganda dan benar salah, angket, dan wawancara. Analisis persentase dilakukan untuk mengetahui profil kemampuan berpikir kritis yang mendapatkan nilai 74% termasuk kategori cukup. Sedangkan profil etika lingkungan hidup memperoleh rata-rata sebesar 78% termasuk kategori baik. Hasil uji korelasi pearson product moment mendapatkan koefisien korelasi dalam kategori hubungan tinggi sebesar 0,710 dengan arah hubungan yang positif dan nilai signifikasi 0,000 (<0,05) artinya memiliki hubungan yang signifikan atau berarti.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

PSEJ

Publisher

Subject

Chemistry Education Physics

Description

PSEJ contains a variety of scientific articles related to research in the field of Science Education and application of science (Biology, Chemistry, Physics). The scope of science education also includes study of Physics Education, Biology Education, Chemical Education and Environmental Education. ...