Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara minat membaca dengan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pada siswa kelas V SDS GKPS Bangun Tobing. Variabel bebas (X) dalam penelitian ini adalah minat membaca, sedangkan variabel terikat (Y) adalah hasil belajar IPS. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif menggunakan metode survei dengan teknik korelasi. Penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2022 – 2024, dengan subyek penelitian adalah siswa kelas V SDS GKPS Bangun Tobing dengan jumlah sampel sebanyak 46 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan penyebaran angket, serta pengambilan dokumentasi. Data yang dikumpulkan kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis persyaratan data. Berdasarkan penelitian, didapatkan hasil bahwa sebanyak 54,3% responden memiliki minat membaca cukup, 39,1% memiliki minat membaca baik, dan minat membaca kurang sebanyak 6.6%. Sebagian besar responden memiliki hasil belajar yang cukup sebanyak 58.7% responden, 37% memiliki hasil belajar baik, dan yang memiliki hasil belajar kurang sebanyak 4.3%. Berdasarkan Uji Spearman didapatkan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara minat membaca dengan hasil belajar siswa di SDS GKPS Bangun Tobing.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024