Pragmatik: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan
Vol. 1 No. 2 (2024): Pragmatik

PENGARUH GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PKn MURIS KELAS IV SDN 106837 MELATI II 2023/2024

Nasution, Elia Novira (Unknown)
Ramadhani, Mastari (Unknown)
Hariati, Emy (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Dec 2024

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar PKn murid. Penelitian dilaksanakan di SDN 106837 Melati II, dengan memilih 22 orang murid sebagai sampel, sedangkan pengumpulan data menggunakan teknik angket atau kuisioner, dokumentasi, dan wawancara.Hasil analisis data menunjukkan bahwa gaya belajar (X), berpengaruh signifikan tehadap hasil belajar PKn (Y) yang ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,99. Sedangkan untuk uji signifikan uji r diperoleh bahwa rhitung yang diperoleh adalah lebih besar dari rtabel (0,99 > 0,5614), pada taraf signifikan 5%. Hasil analisis determinasi menunjukkan bahwa variabel gaya belajar (X) berpengaruh sebesar 98,01% terhadap variabel hasil belajar PKn (Y).

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jip

Publisher

Subject

Education

Description

Pragmatik: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh CV. Anugerah Duta Perdana bekerja sama dengan beberapa perguruan tinggi di Indonesia. Pragmatik: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan akan terbit 2 (dua) kali dalam setahun, pada periode Maret - Agustus dan September dan ...