Translitera : Jurnal Kajian Komunikasi dan Studi Media
Vol 13 No 2 (2024): September 2024

Pola Komunikasi Antar Pribadi Guru dengan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Tuna Rungu: Studi Kasus di Sekolah Luar Biasa Yayasan Pendidikan Luar Biasa (YPLB) Blitar

Zuroida, Zuroida (Unknown)
Harumike, Yefi Dyan Nofa (Unknown)
Hariyanti, Nik (Unknown)
Siswati, Endah (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2024

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pola komunikasi antar pribadi yang tejadi antara guru dengan siswa tuna rungu dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam pola komunikasi interpersonal antara guru dan siswa tuna rungu di SLB YPLB Blitar. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Hasil penelitian diperoleh bahwa komunikasi antar pribadi guru dengan siswa ABK menggunakan bahasa verbal dan nonverbal. Bahasa verbal yang digunakan yaitu secara lisan dan tulisan. Bahasa nonverbal yang digunakan meliputi bahasa isyarat SIBI, bahasa bibir, dan gestur tubuh serta visualisasi gambar. Faktor pendukung pola komunikasi interpersonal yaitu, siswa ABK mudah mengubah suasana hati mereka, sehingga guru cukup mudah membujuk siswa ABK untuk memperhatikan guru. Faktor penghambat pola komunikasi nonverbal yaitu, kelas yang dicampur dari kelas 1 sampai kelas 6, sehingga efektifitas dalam mengerjakan tugas kurang maksimal. Suasana hati yang mudah berubah sehingga perlu kehati-hatian dalam berucap, mereka memiliki hati yang halus dan lembut.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

translitera

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Memuat artikel hasil penelitian dan kajian kritis bidang komunikasi dan media mengenai ilmu-ilmu sosial dan politik, humaniora, komunikasi, media dan ...