Equals : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Vol 7 No 2 (2024): Equals: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika

Menumbuhkan Karakter Mathpreneur melalui Pembelajaran Metode Walking Gallery

Baharuddin, Baharuddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2024

Abstract

Karakter mathprneur masih memerlukan pengembangan dari segi implementasinya khususnya dalam proses pembelajaran, sehingga tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan pelaksanaan metode Walking Gallery dalam menumbuhkan karakter mathpreneur. Penelitian ini mengacu pada penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek yang dipilih secara purposive berdasarkan kelompok mahasiswa yang memprogramkan mata kuliah kewirausahaan. Subjek penelitian sebanyak 12 mahasiswa pada semester genap tahun ajaran 2023/2024 yang berasal dari Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar. Pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi. Hasil penelitian dianalisis secara deskriptif kualitatif dan diperoleh temuan bahwa dengan adanya metode Walking Gallery yang digunakan dapat menumbuhkan karakter mathpreneur pada mahasiswa. Karakter mathpreneur yang diperoleh oleh mahasiswa sebagai dampak pelaksanaan metode Walking Gallery yaitu optimis, percaya diri, kemampuan mengenali peluang, berkomitmen, komunikatif dalam menjelaskan produk wirausaha, kreatif dan inovatif, serta bekerja keras dan memotivasi orang lain. Penerapan karakter tersebut juga telah dituangkan pada suatu karya dalam sebuah pameran wirausaha.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

equals

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Mathematics

Description

Jurnal Equals: Jurnal ilmiah Pendidikan Matematika, memuat artikel berupa hasil pemikiran, studi pustaka atau penelitian yang berkaitan dengan perkembangan bidang ilmu pendidikan matematika dan belum pernah diterbitkan dalam jurnal lain. ...