Anak berkebutuhan khusus memiliki hak yang sama sebagai peserta didik pada umumnya. Tujuan penelitian untuk mengetahui peningkatan kualitas hidup anak berkebutuhan khusus terhadap pembelajaran pendidikan jasmani. Metode penelitian deskriptif kuantitatif dengan teknik perhitungan statistik persentase. Sample pada penelitian ini sejumlah 100 responden anak berkebutuhan khusus. Pengambilan data menggunakan kuesioner Word Health Organization Quality of Life (WHOQOL)-BREF terdiri dari 26 pertanyaan yang di bagi menjadi 4 domain penilaian indeks kualitas hidup. Hasil penelitian ini didapat domain fisik di dapat dari 100 siswa, 59 siswa hasil persentase 59% kategori baik, Domain psikologi 40 siswa hasil persentase 40% kategori sangat baik, Domain Hubungan sosial 43 siswa hasil persentase 43% kategori sangat baik, Domain lingkungan 35 siswa hasil persentase 35% kategori sangat baik, dengan hasil yang didapat dari kuisioner terdiri dari 4 domain mendapatkan hasil rata rata baik. Kesimpulan penelitian, siswa berkebutuhan khusus yang bersekolah di sekolah khusus dapat menjalani kehidupan yang lebih baik jika mereka menerima instruksi pendidikan jasmani yang tepat.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024