Journal of Education Research
Vol. 5 No. 4 (2024)

Dampak Penggunaan Media Sosial Tik-Tok terhadap Perkembangan Sosial Emosional pada Anak Usia Dini di TK Aisyiyah XI

Oktasari, Sisi (Unknown)
Imran, Ranny Fitria (Unknown)
Sari, Rika Partika (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Dampak Penggunaan Media Sosial Tik-Tok Terhadap Perkembangan Sosial Emosional pada Anak Usia Dini Di Tk Aisyiyah XI. Penelitian ini merupakan penelitian deskriftif kualitatif, data yang didapatkan dari observasi, wawancara dan dokumentasi dengan analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Dengan informan yang terdiri dari orang tua dan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dampak penggunaan media sosial Tik-Tok terhadap perkembangan sosial emosional pada anak usia dini yaitu berkenaan dengan perilaku prososial terlihat dengan sikap bermain dengan teman sebaya anak lebih memilih bermain Handphone dibandingkan bermain dengan teman, sehingga mengakibatkan kurangnya interaksi dengan teman, sikap berbagi dengan teman dan orang lain sudah ada anak yang bisa berbagi dan ada juga anak yang tidak bisa berbagi, dalam sikap kooperatif anak sudah bisa bersikap kooperatif seperti anak membantu pekerjaan rumah, mengekspresikan emosi nampak anak yang kecanduan bermain Tik-Tok berlebihan dalam mengekspresikan emosi dan kurangnya respon saat dipanggil. Simpulan penelitian bahwa dampak penggunaan media sosial Tik-Tok terhadap perkembangan sosial emosional tidak terlalu banyak berdampak buruk tetapi juga berdampak positif.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jer

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Social Sciences

Description

Journal of Education Research is a peer-refereed open-access journal which has been established for the dissemination of state of the art knowledge in the field of education. This Journal is published for time per year at March, June, September and December by Perkumpulan Pengelola Jurnal PAUD ...