Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kepemimpinan kepaala sekolah dan konsep diri guru terhadap motivasi kerja guru SD di gugus V Kota solok. Pupolasi dalam penelitian ini adalah seluruh pendidik di Gugus V Kota Solok yang yang terdiri dari delapan Sekolah Dasar. Dalam menentukan jumlah sampel dalam peneliti ini menggunakan rumus Slovin yaitu sebuah rumus atau formula untuk menghitung jumlah sampel minimal apabila sebuah populasi diketahui jumlahnya. Variabel dalam penelitian ini adalah kepemimpinan kepala sekolah (X1), konsep diri guru (X2) sebagai variabel bebas, motivasi kerja guru (Y) sebagai variabel terikat. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket atau kuisioner. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan bantuan SPSS versi 20.0. Hasil uji hipotesis dapat diambil kesimpulan: a) Konsep diri guru SD Gugus V Kota Solok sebagian atau seluruhnya dipengaruhi oleh kepemimpinan kepala sekolah. Hal ini dapat dibuktikan sebagai berikut: thitung > ttabel atau 2,854 > 1,689 dan sig. Jika 0,007 < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima, b) secara parsial maupun terpisah konsep diri guru berpengaruh terhadap motivasi kerja guru di SD Gugus V Kota Sorok. Hal ini dapat dibuktikan sebagai berikut: thitung > ttabel atau 2,809 > 1,689 dan sig. Jika 0,008 < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima, c) secara simultan (gabungan), kepemimpinan kepala sekolah dan konsep diri guru berpengaruh terhadap motivasi kerja guru di SD Gugus V Kota Solok. Hal ini dapat dibuktikan sebagai berikut: Fhitung > Ftabel atau 40,276 > 3,28 dan sig. Jika 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024