Pemilihan bahan ajar yang tepat dapat membantu tercapainya tujuan pembelajaran. Bahan ajar mencakup keseluruhan komponen yang dibuat sistematis untuk mendukung proses pembelajaran. Salah satu pembelajaran Bahasa Indonesia esensial yakni cerpen. Perlu adanya bahan ajar yang cocok demi ketercapaian pembelajaran. Sumber data dalam penelitian ini yaitu cerpen Ketika Aku dan Kamu Menjadi Kita. Penelitian bertujuan mendeskripsikan cerpen untuk rekomendasi bahan ajar pembelajaran Bahasa Indonesia. Analisis dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data berupa teknik baca dan catat. Teknik analisis dilakukan dengan tahapan klasifikasi, deskripsi, dan interpretasi. Rumusan masalah penelitian untuk mendeskripsikan unsur intrinsik cerpen Ketika Aku dan Kamu Menjadi Kita sebagai alternatif bahan ajar Bahasa Indonesia dan peranan cerpen pada tingkat pemula, madya, serta lanjut. Berdasarkan hasil penelitian, cerpen Ketika Aku dan Kamu Menjadi Kita berisi unsur intrinsik dengan amanat mengenai pentingnya menghargai perbedaan di sekolah agar tidak terjadi perilaku bullying. Cerpen ini direkomendasikan sebagai bahan ajar Bahasa Indonesia sesuai tingkatan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024