Journal of Education Research
Vol. 5 No. 4 (2024)

Analisis Cerpen Ketika Aku dan Kamu Menjadi Kita sebagai Bahan Ajar Bahasa Indonesia

Sholihah, Husniatin (Unknown)
Alisa, Farida (Unknown)
Widayati, Wahyu (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Oct 2024

Abstract

Pemilihan bahan ajar yang tepat dapat membantu tercapainya tujuan pembelajaran. Bahan ajar mencakup keseluruhan komponen yang dibuat sistematis untuk mendukung proses pembelajaran. Salah satu pembelajaran Bahasa Indonesia esensial yakni cerpen. Perlu adanya bahan ajar yang cocok demi ketercapaian pembelajaran. Sumber data dalam penelitian ini yaitu cerpen Ketika Aku dan Kamu Menjadi Kita. Penelitian bertujuan mendeskripsikan cerpen untuk rekomendasi bahan ajar pembelajaran Bahasa Indonesia. Analisis dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data berupa teknik baca dan catat. Teknik analisis dilakukan dengan tahapan klasifikasi, deskripsi, dan interpretasi. Rumusan masalah penelitian untuk mendeskripsikan unsur intrinsik cerpen Ketika Aku dan Kamu Menjadi Kita sebagai alternatif bahan ajar Bahasa Indonesia dan peranan cerpen pada tingkat pemula, madya, serta lanjut. Berdasarkan hasil penelitian, cerpen Ketika Aku dan Kamu Menjadi Kita berisi unsur intrinsik dengan amanat mengenai pentingnya menghargai perbedaan di sekolah agar tidak terjadi perilaku bullying. Cerpen ini direkomendasikan sebagai bahan ajar Bahasa Indonesia sesuai tingkatan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jer

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Social Sciences

Description

Journal of Education Research is a peer-refereed open-access journal which has been established for the dissemination of state of the art knowledge in the field of education. This Journal is published for time per year at March, June, September and December by Perkumpulan Pengelola Jurnal PAUD ...