Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan berbahasa siswa kelas V SDN 2 Pangsan. Dalam penelitian ini digunakan metode kualitatif yang tujuannya adalah untuk menganalisis kemampuan berbahasa siswa sekolah dasar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara kepada guru kelas V, catatan lapangan dan triangulasi data. Triangulasi data adalah pemeriksaan kebenaran suatu informasi tertentu dengan menggunakan sumber data yang berbeda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran keterampilan berbahasa siswa kelas V di SDN 2 Pangsan belum berjalan maksimal. Masih banyak siswa yang masih mengalami kesulitan dalam menyimak, berbicara, membaca dan menulis, yang sulit membaca, yang mengalami keterlambatan pemahaman, yang malas belajar, yang antusias terhadap mata pelajaran bahasa Indonesia, dan masih banyak siswa yang tidak mempunyai kemampuan konsentrasi belajar. Oleh karena itu, mereka harus berpedoman pada minimalisasi kendala yang ada dan mengharapkan lingkungan belajar yang nyaman dan menyenangkan.
Copyrights © 2024