Kemampuan anak untuk mengonseptualisasikan ide, peristiwa, atau hal yang tidak ada secara fisik dikenal sebagai kemampuan berpikir simbolik. Namun kenyataannya adalah bahwa beberapa anak tampaknya tidak dapat menunjukkan kepekaan dan rasa percaya diri mereka. Mengingat hal ini, kami mulai menyelidiki apakah pendekatan teka-teki gambar RA akan membantu kemampuan berpikir simbolik peserta RA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah anak TK An-Nizam. Temuan penelitian menunjukkan bahwa keterampilan berpikir simbolik anak-anak dapat ditingkatkan melalui metode teka-teki gambar. Hal ini didukung oleh peningkatan persentase penyelesaian di setiap siklus, dengan 4 anak menyelesaikan 20% tugas di pra-siklus, 10 anak menyelesaikan 50% di siklus l, dan 16 anak menyelesaikan 80% di siklus ll. Oleh karena itu, kemampuan berpikir simbolik anak-anak dapat ditingkatkan secara signifikan melalui penggunaan teka-teki gambar
Copyrights © 2024