Journal of Education Research
Vol. 5 No. 4 (2024)

Analisis Kesesuaian dan Kelengkapan Modul Ajar terhadap Standar Kompetensi Microteaching

Koesnadi, Linanda Prafangasta (Unknown)
Astuti, Rina (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Nov 2024

Abstract

Peningkatan mutu dalam suatu proses pembelajaran merupakan upaya untuk peningkatan kualitas pendidikan. Microteaching memiliki peran yang sangat strategis dalam mempersiapkan dan membina kemampuan guru sesuai dengan tuntutan profesional. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganaisis kesesuaian dan kelengkapan modul ajar dalam pelaksanaan praktik microteacing yang berdampak terhadap efektivitas microteaching. Jenis penelitian ini adalah menggunakan penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data dengan cara Observasi, Dokumentasi, dan Wawancara. tahap-tahap dalam menganalisis data pada penelitian ini dengan cara mereduksi data, penyajian data,  dan penarikan kesimpulan. Pembelajaran yang dilakukan oleh guru memerlukan bahan ajar dan perangkat yang dalam kurikulum merdeka, hal ini dikenal sebagai modul ajar. Hasil menunjukkan modul ajar yang digunakan oleh mahasiswa calon guru setelah dianalisis untuk komponen kelengkapan sudah lengkap tetapi ada beberapa komponen yang perlu di cermati seperti lampiran yang kurang lengkap dan ada beberapa yang mencampurkan lampiran maupun kegiatan inti masih kurang sesuai. modul ajar berisi 7 kompenen antara lain: Identitas penulis modul, intitusi asal, dan tahun pembuatan modul ajar, jenjang sekolah, kelas dan alokasi waktu. selanjutnya kompetensi awal, yaitu uraian tentang pengetahuan dan keterampilan yang harus diperoleh peserta didik sebelum mempelajari materi dan yang terakhir Profil Pelajar Pancasila  

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jer

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Social Sciences

Description

Journal of Education Research is a peer-refereed open-access journal which has been established for the dissemination of state of the art knowledge in the field of education. This Journal is published for time per year at March, June, September and December by Perkumpulan Pengelola Jurnal PAUD ...