Journal of Education Research
Vol. 5 No. 4 (2024)

Pengembangan LKPD Berbasis Scaffolding untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Peserta Didik pada Materi Bangun Datar

Nari, Nola (Unknown)
Mardhiyah, Ainul (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan LKPD berbasisi scaffolding untuk meningkatkan kemampuan literasi numerasi peserta didik pada materi bangun datar yang valid, praktis, dan efektif karena kurangnya kemampuan literasi numerasi dan sumber belajar yang tersedia disekolah. Jenis penelitian yang peneliti gunakan adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4- D. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis validasi, analisis praktikalitas, analisis efektivitas. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa LKPD berbasis scaffolding untuk meningkatkan kemampuan literasi numerasi sisiwa pada meteri bangun datar telah valid, praktis, dan efektif. Hasil validasi LKPD berbasis scaffolding untuk meningkatkan kemampuan literasi numerasi peserta didik pada meteri bangun datar adalah 77,38% dengan kategori valid. Hasil praktikalitas yang diperoleh dari angket respon peserta didik adalah 84,89% dengan kategori sangat valid. Sementara hasil efektivitas adalah 77,48% dengan kategori baik, oleh karena itu LKPD berbasisi scaffolding pada materi bangun datar efektif.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jer

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Social Sciences

Description

Journal of Education Research is a peer-refereed open-access journal which has been established for the dissemination of state of the art knowledge in the field of education. This Journal is published for time per year at March, June, September and December by Perkumpulan Pengelola Jurnal PAUD ...