Journal of Education Research
Vol. 5 No. 4 (2024)

Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMPN 1 Lewolema

Maran, Margiana Dewi Maria Madonna (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Dec 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa di SMP Negeri 1 Lewolema dengan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode gabungan kuantitatif dan kualitatif dengan menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus tindakan. Berdasarkan hasil tindakan perbaikan pada siklus 1 dan 2 dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada aktivitas manusia dan pemenuhan kebutuhan dengan hasil penelitian yang diperoleh pada silkus 1 dimana hampir semua siswa mengalami peningkatan namun dari 20 siswa yang mencapai KKM sebanyak 15 siswa atau 75% siswa yang sudah tuntas dan 25% siswa yang belum tuntas dan pada siklus 2 dari 20 siswa mengalami peningkatan maksimal yakni sebanyak 100% sudah mencapai standar KKM yang ditetapkan di SMP Negeri 1 Lewolema.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jer

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Social Sciences

Description

Journal of Education Research is a peer-refereed open-access journal which has been established for the dissemination of state of the art knowledge in the field of education. This Journal is published for time per year at March, June, September and December by Perkumpulan Pengelola Jurnal PAUD ...