Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa di SMP Negeri 1 Lewolema dengan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode gabungan kuantitatif dan kualitatif dengan menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus tindakan. Berdasarkan hasil tindakan perbaikan pada siklus 1 dan 2 dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada aktivitas manusia dan pemenuhan kebutuhan dengan hasil penelitian yang diperoleh pada silkus 1 dimana hampir semua siswa mengalami peningkatan namun dari 20 siswa yang mencapai KKM sebanyak 15 siswa atau 75% siswa yang sudah tuntas dan 25% siswa yang belum tuntas dan pada siklus 2 dari 20 siswa mengalami peningkatan maksimal yakni sebanyak 100% sudah mencapai standar KKM yang ditetapkan di SMP Negeri 1 Lewolema.
Copyrights © 2024