Journal of Education Research
Vol. 5 No. 4 (2024)

Investigasi Tingkat Literasi Membaca Mahasiswa: Studi Kasus di Perguruan Tinggi Swasta Yogyakarta

Hidayat, Rahmat (Unknown)
Romadani, Anggit Tiyas Fitra (Unknown)
Rahmawati, Yeni (Unknown)
Utomo, Widya Tri (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengivestigasi tingkat kemampuan membaca mahasiswa pada perguruan tinggi swasta di Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif. Instrumen pengambilan data menggunakan observasi, wawancara, dan kuesioner. Subjek penelitian adalah mahasiswa pada 7 perguruan tinggi swasta di Daerah Istimewa Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukkan tingkat kemampuan membaca mahasiswa dengan skor rata-rata 71,29, skor terendah 12,00, dan skor tertinggi 100,00. Kemampuan mahasiswa dalam menganalisis makna tersirat masuk kategori rendah. Kemampuan mahasiswa dalam mengidentifikasi tema utama dan detail pendukung belum optimal. Kemampuan mahasiswa dalam memahami makna tersurat sudah cukup baik. Kemampuan berpikir kritis menunjukkan skor yang cukup baik. Skor rata-rata tes menunjukkan bahwa mahasiswa tingkat lanjut memiliki kemampuan pemahaman yang sedikit lebih baik dibandingkan dengan mahasiswa baru. Hasil penelitian juga menunjukkan mahasiswa belum memiliki kebiasaan membaca yang baik. Rata-rata durasi waktu yang digunakan mahasiswa untuk membaca kurang dari 60 menit per hari. Hal ini menunjukkan tingkat kemampuan membaca para mahasiswa masih tergolong rendah dan perlu ditingkatkan. Temuan lain, mahasiswa tidak menyadari literasi yang dimiliki rendah. Namun, mahasiswa cukup percaya diri dengan kemampuan membacanya. Temuan penelitian memberi beberapa implikasi dan urgensi (1) perbaikan kurikulum; (2) program peningkatan dan evaluasi literasi; (3) inovasi dalam strategi pembelajaran; (4) pendampingan dalam budaya membaca bagi mahasiswa baru; dan (5) kebijakan strategis dari intitusi untuk mewujudkan SDM yang unggul memalui peningkatan literasi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jer

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Social Sciences

Description

Journal of Education Research is a peer-refereed open-access journal which has been established for the dissemination of state of the art knowledge in the field of education. This Journal is published for time per year at March, June, September and December by Perkumpulan Pengelola Jurnal PAUD ...