Pendidikan Pancasila merupakan mapel yang sudah diberikan kepada peserta didik sejak mereka berada di jenjang pendidikan dasar atau SD. Melalui pendidikan pancasila tersebut akan memberikan strategi dalam mengajarkan serta menanamkan terkait dengan beberapa nilai yang terkandung pada pancasila. Penyelesaian permasalahan yang berhubungan dalam kehidupan keseharian terkait dengan penerapan konsep pendidikan pancasila tentu memiliki kebutuhan dalam berpikir tingkat tinggi. Kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) merupakan aktivitas berpikir yang dilakukan oleh peserta didik dalam menghubungkan pengetahuan yang didapatkan melalui aktivitas analisis serta menciptakan terkait dengan sebuah temuan. Tujuan dari penulisan ini ialah memberikan hasil analisa terkait dengan pengembangan instrument penilaian kemampuan berpikir kritis tingkat tinggi (HOTS) pada mata pelajaran pendidikan pancasila di jenjang SD (Sekolah Dasar). Pada penelitian ini menggunakan metode research and development. Hasil uji validasi yang dilakukan oleh validator memaparkan pada aspek materi/isi memiliki nilai persentase 96%, aspek konstruksi memiliki nilai persentase 95%, dan aspek bahasa memiliki nilai persentase 100%. Secara keseluruhan pengembangan dari instrument soal HOTS pada muatan pendidikan pancasila memiliki kategori sangat baik dan dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran pendidikan pancasila jenjang Sekolah Dasar.
Copyrights © 2024