Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis video animasi pada pelajaran matematika kelas II SDN 28 Cakranegara yang valid dan praktis. Jenis penelitian yang digunakan adalah R&D (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Intrumen pengumpulan data yang digunakan berupa lembar angket validasi ahli media dan ahli materi serta lembar angket respon guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa media pembelajaran berbasis video animasi masuk pada kriteria sangat valid dan praktis. Berdasarkan penilaian ahli media memperoleh presentase sebesar 90,3% dengan kriteria sangat valid dan ahli materi memperoleh presentase sebesar 96% dengan kriteria sangat valid. Hasil respon siswa pada uji coba kelompok kecil memperoleh presentase sebesar 97% dengan kriteria sangat praktis, respon siswa pada uji coba kelompok besar memperoleh presentase sebesar 95,3% dengan kriteria sangat praktis dan respon guru memperoleh presentase sebesar 95% dengan kriteria sangat praktis. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis video animasi memenuhi kriteria sangat valid dan praktis digunakan dalam proses pembelajaran.
Copyrights © 2024