Journal of Classroom Action Research
Vol. 6 No. 4 (2024): November 2024

Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Adobe Flash Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa

Antini, Indri (Unknown)
Agus Ramdani (Unknown)
I Putu Artayasa (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran problem based learning berbantuan adobe flash terhadap hasil belajar siswa kelas X SMAN 3 Mataram. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X sebanyak 13 kelas dan sampel yang digunakan sebanyak 2 kelas diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes pilihan ganda sebanyak 20 soal. Teknik pengolahan dan analisis data menggunakan uji ANCOVA (Analysis of Covariance). Berdasarkan hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai signifikansi sebesar 0,030 yang berarti lebih kecil dari 0,05, sehingga dapat dinyatakan bahwa terdapat pengaruh model problem based learning berbantuan adobe flash terhadap hasil belajar siswa di SMAN 3 Mataram yang positif dan signifikan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jcar

Publisher

Subject

Education Other

Description

Journal of Classroom Action Reseach (Jurnal Penelitian Tindakan kelas) e-ISSN:2656-2340 , p-ISSN: 2656-3460 adalah jurnal yang memuat artikel hasil penelitian-penelitian kelas baik dari kalangan guru, dosen, maupun dari hasil penelitian mahasiswa. Journal of Classroom Action Reseach merupakan salah ...