Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematika ditinjau dari kecemasan matematis siswa. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini melibatkan 35 siswa kelas XI AKL 2 SMK Negeri 2 Mataram tahun ajaran 2024/2025. Kemudian dipilih 6 siswa sebagai subjek penelitian dengan ketentuan yaitu 2 siswa dengan kecemasan matematis rendah, 2 siswa dengan kecemasan matematis sedang, dan 2 siswa dengan kecemasan matematis tinggi. Instrumen dalam penelitian ini yaitu kuesioner kecemasan matematis, tes kemampuan pemecahan masalah matematika, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan kecemasan matematis rendah mampu melalui semua tahapan pemecahan masalah yaitu mampu memahami masalah, menyusun rencana, melaksanakan rencana, dan memeriksa kembali. Siswa dengan kecemasan matematis sedang hanya mampu melalui tiga tahapan pemecahan masalah yaitu memahami masalah, menyusun rencana, dan melaksanakan rencana. Sedangkan tahap memeriksa kembali siswa belum mampu melaluinya. Siswa dengan kecemasan matematis tinggi tidak dapat melalui semua tahapan pemecahan masalah yaitu belum mampu dalam memahami masalah, menyusun rencana, melaksanakan rencana, sampai memeriksa kembali.
Copyrights © 2024