Moderasi beragama di lembaga pendidikan tinggi memiliki peran yang sangat strategis dalam mencegah berkembangnya paham radikal di kalangan mahasiswa . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep nilai falsafah maja labo dahu pada mata kuliah Al-Islam dan Kemuhammadiyahan, menganalisis implementasi nilai falsafah maja labo dahu dalam mata kuliah Al-Islam dan Kemuhammadiyahan terhadap sikap moderasi beragama mahasiswa serta mengetahui pemahaman moderasi Beragama mahasiswa di Universitas Muhammadiyah Bima. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif-kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah obsersavi, wawancara dan dokumentasi. Dalam penelitian ini menggunakan analisis data menggunakan analisis data model Miles dan Huberman yaitu reduction, data display, dan conclution drawing/verification. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa. (1). Konsep nilai falsafah maja labo dahu dalam mata kuliah Al-Islam dan Kemuhammadiyahan mempunyai dua unsur: pertama nilai keimanan dan ketaqwaan, kedua nilai akhlaq. sangat relevan dengan mata kuliah Al-Islam dan Kemuhammadiyahan seperti materi tentang konsep iman dalam Islam, akhlak dalam Islam, akhlak pribadi, sosial dan masyarakat, akhlak berorganisasi, berbangsa dan bernegara serta konsep akhlak dalam Islam. (2). implementasi nilai falsafah maja labo dahu pada mata kuliah Al-islam dan Kemuhammadiyahan terhadap sikap moderasi beragama mahasiswa di Universitas Muhammadiyah Bima, meliputi tiga tahapan. (a) Perencanaan pembelajaran pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran. (3). Pemahaman moderasi beragama mahasiswa di Universitas Muhammadiyah Bima, memuat empat nilai utama: (a) sikap moderat (tawassut), sikap toleransi (tasamuh), (c). berkeseimbangan (tawazun) dan (d) Sikap damai (islah).
Copyrights © 2024