Studi ini menganalisis seberapa efektif penggunaan metode pembelajaran picture and picture yang dipadukan dengan media puzzle dalam meningkatkan partisipasi aktif dan hasil belajar siswa kelas X-2 di SMAN 4 Kota Bima pada mata pelajaran sosiologi. Metode yang diterapkan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari empat langkah: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan dokumentasi. Setiap siklus melibatkan dua pertemuan. Dalam pertemuan pertama, guru menyampaikan materi dan membagi siswa menjadi kelompok-kelompok untuk menyusun puzzle hingga menjadi gambar yang utuh serta mengurutkannya. Di pertemuan kedua, siswa mempresentasikan hasil kerja kelompok dan mendiskusikan urutan gambar dengan logis. Dalam penelitian ini, instrumen yang digunakan meliputi lembar observasi untuk menilai kinerja guru, lembar observasi siswa untuk mengevaluasi partisipasi, tes untuk mengukur pencapaian belajar, dan dokumentasi. Keberhasilan penelitian ini diindikasikan oleh beberapa faktor: (1) penerapan metode picture and picture dengan media puzzle mencapai tingkat keberhasilan 100%, (2) partisipasi siswa dalam pelajaran sosiologi menunjukkan peningkatan, dengan 75% siswa masuk dalam kategori baik (B), dan (3) hasil belajar siswa di bidang sosiologi mengalami kemajuan, di mana 75% siswa mencapai nilai minimal (KKTP) sebesar 76. Pada siklus I, penerapan model pembelajaran ini menunjukkan keberhasilan 82%, yang meningkat menjadi 100% di siklus II. Selain itu, partisipasi siswa meningkat dari 61% di siklus I menjadi 94% di siklus II. Hasil belajar siswa juga menunjukkan perbaikan, dari 61% pada siklus I menjadi 86% pada siklus II, dengan ketuntasan mencapai nilai standar (KKTP) sebesar 76. Oleh karena itu, penggunaan model pembelajaran picture and picture dengan media puzzle terbukti efektif dalam meningkatkan partisipasi dan pencapaian belajar siswa dalam pelajaran sosiologi.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024